myindibiz

Cerita Sukses


DaftarMasuk

Simak Strategi Marketing Mixue yang Sukses Viral di Indonesia

Success Story

Senin, 3 Jul 2023

Simak Strategi Marketing Mixue yang Sukses Viral di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan bisnis es krim satu ini? Rasanya yang manis, harganya yang terjangkau, dan lokasi gerainya yang ada di mana-mana membuat gerai asal Tiongkok bernama Mixue ini menjadi pilihan banyak orang sejak kemunculannya pada tahun 2020. 

Dilansir dari Wikipedia, Mixue telah memulai sepak terjang di Tiongkok pada Juni 1997. Zhang Hongchao, yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa, mencoba peruntungan dengan membuka gerai pertama di Zhengzhou, Henan, Republik Rakyat Tiongkok. Gerai ini mulai resmi dinamakan Mixue Bingchen yang artinya “istana es yang dibangun dengan salju yang manis” saat pembukaan gerai kedua pada tahun 1999.

Mixue, Es Krim Viral Favorit Semua Orang

Di Indonesia, gerai Mixue mulai merambah di tahun 2020. Mixue mendapatkan sambutan yang baik dari pelanggan di Indonesia karena selain memiliki rasa yang enak juga memiliki harga yang sangat terjangkau. 

Cara membaca Mixue pun sempat diviralkan oleh pengguna media sosial di Tanah Air. Pelafalan Miksu, Miksue, Misu, hingga Misyue hingga saat ini masih menjadi perdebatan di internet. Namun, cara membaca Mixue yang benar berdasarkan guru Bahasa Mandarin bernama Tirza Agnesia adalah “Mishuwe”, bukan yang lain.

Selain itu, gerai asal Tiongkok ini sekarang mulai mendapat julukan “Malaikat Pencatat Ruko Kosong”. Julukan ini mulai digaungkan oleh pengguna media sosial karena cepatnya proses ekspansi bisnis yang dilakukan oleh Mixue, yang kini mulai “mengisi” banyak ruko di berbagai kota.

Apakah Anda penasaran dengan strategi yang dilakukan oleh Mixue hingga bisa mencapai titik kesuksesan seperti ini di Indonesia?

Kupas Tuntas Strategi Marketing Mixue dalam Mengembangkan Bisnis

Anda juga tentunya bisa memiliki bisnis yang berkembang seperti Mixue. Seorang dosen Strategi Pemasaran asal Universitas Airlangga, Prof. Dr. Sri Hartini, S.E., M.Si. mencoba untuk menganalisis fenomena viralnya Mixue dengan konsep 4P. 

Konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) ini merupakan konsep awal dan sederhana dalam Marketing Mix. Teknik Marketing Mix ini dikenal sebagai beberapa hal dan komponen yang menjadi fokus pengusaha untuk memenuhi keinginan pelanggannya. 

Lalu bagaimana Mixue mengembangkan konsep 4P untuk membangun gerainya di Indonesia? Simak artikel berikut!

1. Product

Mixue dikenal sebagai gerai es krim yang menjual produknya dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, bukan berarti Mixue tidak memperhatikan kualitas produk yang dijual. Rasa es krim yang ditawarkan oleh Mixue dinilai tidak kalah jika dibandingkan dengan produk es krim kompetitor.

Selain itu, Mixue juga menyediakan berbagai varian produk seperti es krim dan minuman dengan rasa yang bervariasi. Dengan strategi ini, Mixue dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang memiliki produk favorit yang berbeda-beda. 

2. Price

Sebagai bisnis yang menjual produk es krim, Mixue memberikan harga yang dapat dijangkau di berbagai kalangan dibandingkan dengan kompetitor mereka. Dalam ilmu marketing, teknik menggunakan harga yang murah ini dinamakan dengan penetration pricing

Banyaknya gerai Mixue yang selalu ramai dapat membuat produksi es krim semakin banyak. Produksi dalam jumlah besar ini tentu membutuhkan bahan baku yang banyak, yang mana jika dibeli dalam jumlah besar harga bahan baku akan lebih murah.

3. Place

Dikutip dari CNBC Indonesia, Mixue berhasil membuka lebih dari 1000 gerai di seluruh Indonesia dalam kurun waktu dua tahun saja. Dalam menentukan lokasi gerai, Mixue tidak memiliki aturan berapa jarak radius antar gerainya. 

Pemilihan lokasi gerai Mixue di seluruh daerah dianalisa melakukan riset terkait kondisi lokasi, target dan ukuran market, hingga permintaan dan minat masyarakat setempat terhadap produk es krim dan teh dari Mixue.

4. Promotion

Mixue memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk melakukan kegiatan promosi. Konten Mixue di media sosial tidak hanya dibuat secara organik oleh Mixue, namun juga oleh para pengguna media sosial lainnya.

Selain menerapkan strategi marketing yang sifatnya digital, strategi marketing Mixue juga melibatkan kegiatan promosi yang sifatnya konvensional. Contohnya seperti memberikan voucher potongan harga untuk pembelian produk es krim dan teh dari Mixue.

Baca Juga : Unik, Sambal Bakar Iben Ma Peroleh Dana Hingga Satu Juta Dollar!

Berdasarkan penjelasan di atas, keberhasilan Mixue dapat diraih berkat pemanfaatan konsep 4P yang cukup sederhana dalam operasional bisnis mereka. Anda juga dapat menerapkan teknik 4P ini untuk mengidentifikasi bisnis serta mendorong pertumbuhan bisnis Anda menjadi lebih optimal.

Dalam mengaplikasikan konsep 4P, pemanfaatan digital marketing dalam aspek Promotion merupakan salah satu langkah terbaik terutama di era serba internet seperti saat ini. Untuk itu, pastikan Anda telah memperoleh akses internet terbaik dari HSI B2B sebagai pendukung aktivitas digital bisnis Anda.

Dengan jaringan stabil tanpa batas FUP dan telah tersedia di seluruh wilayah Indonesia, HSI B2B memungkinkan Anda untuk meningkatkan digitalisasi bisnis serta mewujudkan keberhasilan bisnis yang viral melalui strategi di media sosial.

Klik tombol berikut untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai HSI B2B dan penawaran terbaiknya untuk Anda.

Tagar:

Trenbisnis mixue

Bagikan

Cerita Sukses Lainnya